Noko, Bukan Belanja

2001_11_13_K Noko, Bukan Belanja-c

“Shopping atau noko tidak selalu berarti ke toko dengan tujuan membeli barang. Yang penting dari kegiatan noko adalah hadir dan melepaskan waktu cukup lama di dalam atau di sekitar wilayah pertokoan. Entah untuk mejeng, nongkrong, menghabiskan waktu luang, iseng, jumpa ternan, pacaran, cuci mata, melamun, buang frustrasi, atau cuma bengong. Kalaupun di tempat itu kemudian orang membeli sesuatu, hal itu tidak berarti menjadi tujuan utama atau alasan yang paling penting dari noko. Bahkan boleh jadi tidak direncanakan sebelumnya.”

Heryanto, Ariel (2001) “Noko, Bukan Belanja”, Kompas, 13 November 2001, hal. 31.

kata kunci: belanja, budaya pop, cuci mata, gaya hidup, industri, Kompas, mal, modernitas, noko, Orchard Road, perempuan, Plaza Senayan, Taman Anggrek Mal, toko

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s