Perihal

[For English, click here]

ISI SITUS INI
Situs ini berisi kumpulan hampir semua dari sekitar 600 tulisan Ariel Heryanto yang pernah dipublikasikan sejak 1976, ditambah sejumlah wawancara dengannya, tulisan orang lain yang menanggapi publikasinya dan resensi bukunya.

Sebagian besar bahan yang terhimpun disini merupakan artikel kolom di media massa cetak berbahasa Indonesia yang saat ini sulit didapatkan oleh khalayak publik yang mungkin berminat. Juga tersedia beberapa puluh tulisan berbahasa Inggris. Beberapa lainnya merupakan terjemahan orang lain di luar kedua bahasa tersebut, termasuk Jerman, Turki, Mandarin, Perancis dan Thai.

Tidak semua publikasi Ariel terhimpun disini. Misalnya publikasi dalam bentuk buku seutuhnya. Sebagian tidak masuk karena secara tidak sengaja terlupa atau terlewatkan dalam pencatatan. Sebagian lain tercatat tetapi arsipnya terhilang (klik disini untuk melihat daftarnya). Juga tidak termasuk disini berbagai tulisan Ariel yang belum pernah diterbitkan (entah karena tidak pernah dikirimkan ke penerbit, atau dikirimkan ke penerbit tetapi ditolak), atau diterbitkan dengan nama samaran.

Jika yang terhilang ditemukan kembali, atau ada terbitan yang lebih baru, semuanya akan ditambahkan disini pada waktunya.

LATAR BELAKANG DAN HARAPAN
Himpunan arsip publikasi ini tidak disusun terutama karena pertimbangan bobot atau mutu tulisan itu sendiri. Namun nilai kesejarahannya. Ini semacam saksi sejarah dalam pengamatan seorang anggota masyarakat yang pernah lahir dan besar di dua abad dan dua milenia yang berbeda, menyaksikan kehidupan tiga generasi, untuk sementara ini sudah menyaksikan pemerintahan Indonesia di bawah enam presiden. Berbagai tulisan disini menjadi bagian dari sejarah panjang, ketika belum terbayang akan pernah ada yang namanya komputer-internet-telpon genggam, hingga berjayanya Facebook, instagram, youtube dan twitter di tangan bermilyar penduduk dunia.

Ariel lahir dan bertumbuh dari lingkungan berbudaya lisan. Sebagian besar tulisan sebelum tahun 1990 diketik dengan mesin ketik manual sebelum dikirimkan per pos ke sebuah penerbit. Jika penerbit itu berminat mempublikasikan, maka naskah penulis akan diketik ulang di kantor penerbit itu untuk disiapkan dalam bentuk cetakan. Dalam proses itu, sangat lazim terjadi salah ketik, entah yang dibuat penulis, atau penerbit, atau keduanya. Hasilnya baru kelihatan di hadapan publik beberapa hari kemudian. Dan jika ada sebagian dari publik yang ingin menanggapi, dibutuhkan beberapa hari lagi untuk menerbitkan tanggapan tersebut.

Teknologi penulisan penerbitan seperti itu mungkin tampak terbelakang dan menyedihkan bagi generasi muda masa kini. Tetapi, sebaliknya, ada sisi indah dan istimewa dari masa itu yang kini punah. Karena langka, sebuah kolom yang terbit di media cetak di masa itu mendapat perhatian (entah dengan cemooh atau penghargaan) dari publik yang suka baca-tulis jauh lebih besar ketimbang padanannya di awal abad 21. Ia ibarat sepeda atau mobil masuk sebuah kota kecil yang relatif sepi lalu-lintas. Kini sebuah tulisan di media cetak atau sosial ibarat setetes air dalam samudra informasi yang penuh hiruk-pikuk.

FORMAT
Sebagian besar bahan yang dihimpun di situs ini merupakan hasil pindaian (scanning) versi cetak tulisan tersebut. Sebagian lagi merupakan salinan dari tampilan daring (online) bahan itu di situs web penerbitnya. Sejumlah tulisan Ariel, juga yang tidak disertakan di situs ini karena cetakan aslinya terhilang, dapat dijumpai dalam versi teks bersahaja di situs lain, klik disini.

Dalam versi cetak aslinya, sebagian dari publikasi itu disajikan penerbitnya dalam tampilan berukuran besar – lebih besar dari kertas A4 atau B5. Maka, hasil pindaian disini juga berukuran besar. Jika Anda mencetak bahan-bahan ini di atas kertas berukuran kuarto atau folio, huruf-hurufnya jadi sangat kecil dan sulit dibaca. Untuk membacanya, hasil cetakan dalam kuarto atau folio perlu diperbesar misalnya dengan difotocopy di atas kertas ukuran A3. Jika Anda membacanya di layar komputer atau iPad, Anda bisa memperbesar tampilan di layar agar mudah membacanya.

Sekali lagi, jangan lupa mampir di halaman Syarat dan Ketentuan Penggunaan.